Friday 10 May 2013

PENERAPAN MEKANISASI YANG PALING EFISIEN

Makalah ini menjelaskan sebuah studi pada desain konseptual dan pengembangan sistem seleksi mekanisasi yang paling efisien untuk perkebunan kelapa sawit dengan pola tanam alternative yang dilakukan oleh berbagai ekstrapolasi pola tanam berdasarkan pola yang ada dan membandingkan dengan
Pola penanaman memainkan peran penting dalam produktivitas keseluruhan dari kelapa sawit.

Penanaman harus dibagi menjadi blok yang sama besar dengan batas-batas langsung untuk memungkinkan kemudahan operasi di lapang, dan sulit dicapai di daerah perbukitan dan di daerah dekat tepi sungai. Beberapa buah perkebunan menggunakan sistem kereta api untuk mengangkut tandan buah segar (TBS), baik secara total maupun sebagian. Desain dari sistem drainase juga harus harus direncanakan dengan baik untuk memastikan tanah maksimum yang tersedia untuk budidaya sawit. Intensitas sistem drainase tergantung pada karakterisitik tanah.

Masalah kepadatan optimal untuk kelapa sawit dalam satu kompleks. Pola tanam segitiga yang ada, dimana pohon yang ditanam dalam satu baris poin pertengahan diposisikan berhadapan dari ruang antar-sawit di baris yang berdekatan. Hal ini memberikan pemanfaatan yang lebih besar dari tanah untuk nutrisi tanaman dan ruang yang tersedia dan ringan untuk pengembangan tajuk (Turner dan Gillbanks, 1974).

Jenis pola tanam yang dipelajari berbeda seperti segitiga, persegi panjang, persegi dan bahkan bentuk heksagonal, untuk menghitung penggunakan ruang yang paling efisien dan untuk menentukan dampak dari tekstur tanah serta penyerapan nutrisi dalam produksi hasil panen TBS terbaik. Pola tanam alternatif yang dibahas digabungkan dengan sistem mekanisasi untuk berbagai medan, sehingga biaya mesin, biaya operasional dan produktivitas diperkirakan bersama dengan cakupan per hektar setiap mesin. Ini kemudian diproduksi dalam template untuk manajer perkebunan akan digunakan untuk mencapai hasil yang optimal.

Berdasarkan pola tanam yang ada segitiga, ekstrapolasi dari persegi, persegi panjang dan pola tanam heksagonal berasal. Gambar 1 sampai 4 menunjukkan proyeksi jarak minimum dari 8,2 m antara pohon.
Desain konseptual
Mekanisasi penanaman dan sistem manajemen pola alternatif yang sudah dijalankan selama lebar area jaringan. Jaringan ini menghubungkan klien kelompok dengan kelompok server. Server kelompok akan diakses oleh administrator dengan hak penuh. Sistem dan database manajemen dipasang di server akan titik utama akses. Desain interface adalah proses mendefinisikan bagaimana pengguna berinteraksi dengan sistem, serta sifat input dan output yang akan menerima dan menghasilkan sistem. Sistem baru menggunakan Macromedia Dreamweaver sebagai alat untuk merancang grafis antarmuka pengguna. Tujuan utama dari desain antarmuka  yang sempurna adalah untuk menyediakan komunikasi alat antara pengguna dan sistem untuk meyakinkan para manajer estate dengan akurat dan dapat diandalkan sistem.

Kombinasi mesin pola tanam segitiga menggunakan aplikasi mesin pemupuk, pengendalian gulma, dengan traktor yang ditarik tanker sprayer dari kapasitas 300-liter, pemotong bermotor sebagai pemanen, wakfoot dan mesin pemisah buah.

Mesin-mesin ini dipilih karena memiliki cakupan area yang lebih besar. Untuk kegiatan pemanenan, pemotong bermotor, juga dikenal sebagai Cantas, dipilih untuk efisiensi dan produktivitas yang tinggi dibandingkan dengan metode manual. Wakfoot terpilih sebagai koleksi mesin di lapang karena kemampuannya untuk bekerja di daerah sulit dan topografi yang bervariasi. Paket ini cocok untuk daerah datar perkebunan besar. Total biaya mesin Rp 435,3  juta dengan biaya operasional total Rp 990.000 ha-1 dengan produktivitas (kapasitas) dari 2,21 t ha-1 dan cakupan 31.34 ha per hari.
Kombinasi mesin untuk paket mesin mekanisasi untuk pola penanaman persegi seluruh operasi dipertahankan konstan seperti pada pola tanam segitiga .Total biaya mesin untuk pola tanam adalah Rp  428,1 juta, dan biaya operasional Rp 588.000 ha-1 dengan produktivitas 2,03 t ha-1 untuk cakupan 24,7 ha.
Untuk pola tanam persegi panjang, kombinasi mesin menggunakan aplikasi mesin pupuk spreader, traktor yang ditarik kapal tanker sprayer dari 300-liter kapasitas, pemotong bermotor untuk pemanenan, Wakfoot untuk pengumpulan di lapang dan pemisah buah. Total biaya mesin adalah Rp 372,3 juta, dan biaya operasional total Rp 519.000 ha-1 dengan produktivitas 1,88 t ha-1 lebih 21,9 ha per hari.
Paket mekanisasi untuk pola tanam heksagonal dengan mesin untuk operasional aplikasi pupuk dan pengendalian gulma dijaga konstan seperti dalam pola tanam segitiga. Total biaya mesin untuk ini pola tanam adalah Rp 428,1 juta, dan operasional biaya adalah Rp 618 juta ha-1 dengan produktivitas 2,08 t ha-1 dengan nilai pertanggungan dari 26 hektar per hari.

KESIMPULAN

Berdasarkan simulasi di atas, paket mekanisasi paling efisien direkomendasikan masih untuk pola tanam segitiga dengan cakupan 313,4 hektar per hari dan produktivitas 2,21 t ha-1. Berikut ini adalah pola tanam heksagonal dengan 26 cakupan ha per hari dengan produktivitas 2,08 t ha-1. Penerapan mekanisasi yang paling efisien dengan alternatif sistem manajemen pola tanam akan menyediakan sebuah sistem baru yang dapat meningkatkan fungsionalitas dari praktek perkebunan pengguna saat ini. Selain itu, pengembangan sistem ini juga secara tidak langsung membantu pengguna akhir dalam memperoleh penilaian yang lebih baik dan informasi mengenai paket mekanisasi yang cocok lebih cepat.

sumber:

blog.ub.ac.id

No comments:

Post a Comment